Sirangkang, Kamis (26/7), Mahasiswa TIM II KKN Undip 2018 telah melaksanakan kegiatan belajar dan bermain bersama di SDN 01 Sirangkang. Kegiatan ini dimulai pukul 08.00 WIB dan diikuti oleh anak-anak yang duduk di bangku kelas 5. Anak-anak sangat antusias dalam mengikuti kegiatan yang diadakan di ruang kelas tersebut. Dalam kesempatan ini dua orang dari tim kami memberikan edukasi yang berkaitan dengan bidangnya masing-masing.

Edukasi tersebut diberikan dalam dua sesi. Sesi pertama adalah edukasi mengenai GESAK atau Gerakan Edukasi Siswa Anti Korupsi, oleh mahasiswi yang berasal dari Ilmu Hukum. Edukasi ini bertujuan agar anak-anak dapat memahami sejak dini mengenai apa itu korupsi dan bagaimana pencegahannya. Dimana dalam sosialisasi tersebut diberikan penjelasan mengenai implementasi Sembilan Nilai yaitu Nilai kesederhanaan, kepedulian, kegigihan, keberanian, kerjasama, kedisiplinan, keadilan, kejujuran, dan bertanggungjawab sebagai wujud sikap anti korupsi melalui games yang berjudul “Semai”.

Sesi selanjutnya yaitu edukasi yang disampaikan oleh mahasiswi yang berasal dari Sastra Inggris mengenai metode dalam pembelajaran Bahasa Inggris. Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pengajaran Bahasa Inggris dengan ceria (Fun Learning); dan dengan menggunakan metode belajar singing (menyanyi) dan drilling (pengulangan). Sehingga, nantinya, anak-anak tersebut memiliki kesan positif dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam sesi ini, anak-anak juga belajar kosa kata dalam Bahasa Inggris melalui games yang berupa puzzle. Setelah anak-anak selesai menyusun puzzle tersebut, mereka diharuskan untuk maju satu-persatu untuk berbicara dalam Bahasa Inggris.

Rangkaian kegiatan tersebut ditutup dengan mengucapkan jargon “Say NO to corruption and Say YES to study English” oleh seluruh anak-anak kelas 5 di SDN 01 Sirangkang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.