20170303_201739

Sirangkang 09/03/2017

Kegiatan program belajar keaksaraan yang berlangsung di dusun sipelem desa sirangkang sudah mulai berjalan dengan rutin. Kesulitan yang dihadapi oleh warga belajar buta aksara lanjutan adalah,walaupun mereka sudah dapat membaca dan menulis tetapi masih belum lancar. Sehingga walaupun mereka sudah memiliki pengetahuan, namun mereka belum memiliki kemampuan fungsional yang diperlukan dalam kehidupan sehari–hari. Hal tersebut karena mereka biasanya jarang menggunakan keterampilan membaca, menulis dan berhitung dalam kehidupan sehari–harinya.

Tingkat belajar keaksaraan fungsional bidang buta aksara lanjutan, kesulitan yang dihadapi warga belajar dalam pelajaran membaca, menulis, dan berhitung adalah adanya rasa kaku dalam menulis, belum mampu mengartikan sebuah kalimat dengan jelas, serta adanya kesulitan dalam berhitung. Dengan kata lain para warga belajar mengalami kesulitan dalam memperoleh bahan ajar, kurangnya tenaga pembimbing,serta kurang tepatnya metode penerapannya dalam kehidupan sehari –hari.20170303_201802

Dengan adanya Kegiatan Praktek Lapangan Kegiatan Pembelajaran Keaksaraan Funsional ini diharapkan para warga belajar akan mendapatkan manfaat–manfaat sebagai berikut :

  1. Memanfaatkan kemampuan bacanya untuk memperoleh informasi dan ide–ide baru.
  2. Memanfaatkan keterampilan menulisnya untuk menggambarkan pengalaman, peristiwa–peristiwa, kegiatan yang dilakukan.
  3.  Memanfaatkan keterampilan berhitungnya untuk mengatur keuangan,menentukan batas dan melakukan perhitungan–perhitungan yang berkaitan dengan tugasnya sehari–hari, dan menghitung banyaknya sumber–sumber atau masalah.
  4. Berdiskusi dan menganalisis masalah dan sumber–sumber atau potensi yang ada  di lingkungannya.
  5. Mencoba ide–ide baru yang dipelajari dari bahan bacaan, dapat menulis dengan benar, menganalisis dan berdiskusi, dan dapat melaksanakan kegiatan belajarnya secara mandiri.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *